02 Mei 2013
  Humas Berita,

Wagub Paku Alam IX Irup Peringatan Hardiknas

 

Mendikbud Ajak Buka Posko Anti Drop Out Awal Tahun Pelajaran

 

YOGYAKARTA (02/05/2013) Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), bertema Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilanmerupakan cerminan dari jawaban terhadap tantangan, persoalan, dan harapan seluruh masyarakat dalam menyiapkan generasi yang lebih baik. Maka layanan pendidikan haruslah dapat menjangkau keseluruh lapisan masyarakat sesuai dengan prinsip pendidikan untuk semua, tanpa membedakan asal-usul, status sosial, ekonomi dan kewilayaha.


Demikian sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Mohammad Nuh, yang dibacakan Wakil Gubernur DIY, Paku Alam IX, ketika bertindak sebagai inspektur upcara pada upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (02/05). Upacara diikuti unsur PNS, TNI Polri, Mahasiswa, Pelajar dan Pramuka, dihadiri sejumlah pimpinan TNI Polri dan pejabat Pemda DIY. Upacara disiarkan secara langsung oleh RRI.


Dikatakan Mendikbud, akses pendidikan dipengaruhi oleh ketersediaan satuan pendidikan dan keterjangkauan dari sisi pembiayaan. Karena itu pemerintah terus menerus menyiapkan ketersediaan pendidikan yang layak, terutama di daerah 3 T (terdepan, terluar dan tertinggal), termasuk pengiriman guru melalui program sarjana mendidik di daerah. Kepada semua pecinta dunia pendidikan, Menteri juga mengajak untuk bersama-sama membuka posko anti Drop Out (DO) pada awal tahun pelajaran nanti.

 

Kita ingin memastikan agar anak-anak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, terutama dijenjang pendidikan dasar dan menengah, katanya.


Wagub Paku Alam IX, didampingi Kepala Jamsostek DIY, Heru Prayitno, dalam kesempatan tersebut menyerahkan bea siswa dari Jamsostek kepada perwakilan pelajar berprestasi tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan Mahasiswa. Display Drum Band Taruna Akademi Angkatan Udara (Karbol) dengan bermacam konfigurasi dan atraksi turut memeriahkan peringatan Hardiknas. Usai upacara dilanjutkan Ziarah Nasional ke makam Bapak Pendidikan, Ki Hajar Dewantoro, di komplek Makam Wijaya Brata, ditandai dengan peletakan karangan bunga oleh Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, Suyadi,SH, dilanjutkan tabur bunga oleh peserta ziarah dan keluarga Tamansiswa. (ip/rsd).


HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: