18 Des 2012
  Humas Berita,

Wagub Paku Alam IX Resmikan Purna Pugar Tugu Pal Putih


YOGYAKARTA (18/12/2012) portal.jogjaprov.go.id -
Tugu Pal Putih yang merupakan ikon Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan telah selesai pemugarannya beberapa waktu lalu, hari ini, Selasa (18/12) resmi dibuka. Purna Pugar Tugu Pal Putih diresmikan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX, ditandai dengan pemotongan untaian bunga.


Dalam sambutan tertulis, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X antara lain mengemukakan, buah pikiran dan peninggalan sejarah yang tak ternilai harganya harus dapat dilestarikan, karena sejarah akan menuntun menjadi bangsa yang besar ke arah masa depan.

 

Kita tentu sepakat bahwa untuk mengelola kekayaan budaya dan peninggalan sejarah yang ada di Yogyakarta, kita harus bersama-sama melakukannya, sekaligus menjadikannya sumber inspirasi yang tak pernah habis untuk digali dan dimanfaatkan bagi kesejahteraan kita bersama, ungkapnya.

 

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Drs.GBPH. Yudaningrat, MM menjelaskan, dibukanya kembali Tugu Pal Putih tersebut sekaligus menandai selesainya pemugaran/revitalisasi Tugu untuk tahap pertama.

"Revitalisasi Tugu ini merupakan bentuk pembinaan, pengelolaan dan pelestarian kawasan cagar budaya dan benda cagar budaya," ujarnya.

Revitalisasi Tugu lanjutnya, telah dimulai sejak 2010 dengan studi teknis dan ekskavasi. Kemudian di tahun 2011 berdasarkan hasil studi teknis disusun DED revitalisasi Tugu dan tahun 2012 dilakukan pekerjaan fisik. Revitalisasi Tugu meliputi pengamanan bangunan Tugu Pal Putih dengan taman dan pedestrian, penggantian kemuncak Tugu, pemasangan prodo emas di ke Muncak Tugu dan prasasti di 4 sisi ornamen tubuh Tugu.


Pemasangan lanjutan akan dilakukan untuk batu andesit di 4 simpang sampai zebra cross serta pemasangan lampu spot di 4 sisi pedestrian. Tahun 2013 nanti akan dilanjutkan lagi dengan pembuatan outdoor diorama di lahan sisi tenggara Tugu Pal Putih. (rsd)


 

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: