22 Mar 2012
  Humas Berita,

Wagub Paku Alam IX Sampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi

Wagub Paku Alam IX Sampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi

 

YOGYAKARTA (22/03/2012) pemda-diy.go.id Kesadaran memenuhi kewajiban membayar pajak merupakan bentuk dukungan kepada negara dalam mencapai keberhasilan penerimaan pajak. Sebab penerimaan negara dari sektor pajak inilah yang merupakan sumber utama dalam APBN, proporsinya mencapai 80%.

Karena itu kepatuhan wajib pajak dalam perhitungan dan pelaporan serta pembayaran pajak akan menentukan kemajuan pembangunan Indonesia, kata Gubernur D.I. Yogyakarta melalui Wakil Gubernur Paku Alam IX, pada Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi, di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta, jalan Senopati Yogyakarta, Kamis (22/03).

Wagub Paku Alam IX dalam Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 2011, bersama Kepala Kejaksaan Tinggi Ali Mutoha, Kapolda Cuk Basuki, dan Wakil Ketua DPRD DIY Hj. Tutiek Widyo, berkesempatan melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi kepada petugas pajak. Selanjutnya setelah mendapat bukti pelaporan, keempatnya kemudian memasukkan bukti tersebut ke drop bok yang telah disediakan.

Berkomentar terkait Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Sultan lebih lanjut menyarankan pada tahun mendatang acara pecan panutan dapat diadakan lebih awal. Sehingga ada rentang waktu yang cukup bagi masyarakat yang memiliki kewajiban membayar pajak untuk melaksanakan kewajibannya sebelum berakhirnya batas waktu yang ditentukan. Sebab Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan merupakan sebuah langkah yang tepat untuk merangsang kesadaran masyarakat membayar pajak sekaligus melaporkannya.

Marilah kita yang saat ini menjadi pemimpin dan tokoh masyarakat memberikan suri tauladan bagi seluruh masyarakat untuk melaksanakan salah satu kewajiban sebagai warga Negara yang baik, ajak Sultan seraya berharap kasus-kasus penyimpangan yang melibatkan oknum pegawai pajak dapat diminimalkan seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat melakukan kewajiban pajak.

Sementara Kepala Kanwil Ditjen Pajak Provinsi DIY, Dicky Hartanto, mengemukakan, peran pajak pada saat ini dalam struktur sumber penerimaan dalam APBN menjadi semakin dominan. Hal ini tidak hanya menjadi tugas Ditjen Pajak dalam pengumpulannya, namun perlu adanya dukungan dan peran serta seluruh lapisan masyarakat dalam mensukseskan penerimaan di bidang perpajakan.

Pekan panutan ini dapat memberikan suri tauladan yang kemudian diikuti warga masyarakat di bidang pemenuhan perpajakan, katanya.

Untuk lebih mendorong semangat masyarakat melaksanakan kewajiban penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi, lanjut Dicky, selain kegiatan pekan panutan di tingkat provinsi, jajaran Kanwil Ditjen Pajak DIY juga mengadakan kegiatan yang sama di seluruh Kantor Pelayanan Pajak yang ada di kabupaten kota. (rsd)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: