05 Des 2012
  Humas Berita,

Wagub Paku Alam IX Tutup Tanam Tebu

YOGYAKARTA (05/12/2012) portal.jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX, Tutup Tanam Tebu Musim Tanam 2012/2013 dalam rangka Peringatan Ulang Tahun Perkebunan Ke-55, di Balai Desa Banaran, Playen, Gunungkidul, Rabu (05/12).

 

Hadir pada acara tersebut Komisaris PT Madu Baru/PG Madukismo GKR. Pembayun, sejumlah pimpinan bank, jajaran SKPD DIY Kabupaten terkait, kelembagaan petani, dan kelompok tani tebu Bagari Manis.

Dalam sambutannya Wagub Paku Alam IX menyatakan, mengingat komoditas merupakan salah satu bahan pokok pangan dan program swasembada gula nasional, maka Pemda perlu mendukung lebih maksimal dalam bentuk regulasi maupun kebijakan yang berpihak pada petani produsen serta industri gula di DIY, agar upaya peningkatan produksi dan produktivitas gula khususnya di wilayah DIY dapat tercapai.

 

Langkah konkrit yang ditempuh pemerintah dalam mewujudkan swasembada gula tersebut dengan melaksanakan kegiatan akselerasi peningkatan produksi dan produktivitas gula nasional, katanya.


Sementara Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, SSos optimistis wilayahnya menjadi sentra tanaman tebu di DIY dengan memanfaatkan potensi ketersediaan lahan yang masih luas.


Budidaya tanaman tebu di Gunungkidul, lanjutnya, dari tahun ketahun semakin meluas. Jika pada 2011 baru ada 100 hektar, namun sampai akhir 2012 ini sudah menjadi 550 hektar yang tersebar di 13 kecamatan.

 

Pada tahun 2014 kami mentargetkan pertumbuhan menjadi 1.000 hektar," tandas Bupati.

 

Untuk diketahui, capaian swasembada gula nasional untuk konsumsi rumah tangga pada tahun 2002 -2009, produksi mencapai 2,7 ton, dan periode II tahun 2010 - 2014 mampu swasembada gula nasional untuk konsumsi rumah tangga, industri makanan dan minuman dalam negeri sebesar 3,102 juta ton. (rsd)

 

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: