20 Des 2013
  Humas Berita,

Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX Serahkan Penghargaan Anugrah Budaya

 

Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX Serahkan Penghargaan Anugrah Budaya

YOGYAKARTA (20/12/2013)jogjaprov.go.id. Pemberian Anugrah Budaya dari Pemerintah kepada Lembaga, Pelaku Pelestari Budaya, Pengembangan Adat dan tradisi diharapkan akan memacu kreatifitas dalam pelestarian budaya, sekaligus memberikan makna positif terhadap para pelaku, pemerhati dan pelestari dibidang budaya.

Harapan demikian disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur Sri Paduka Paku Alam IX kemarin malam (Rabu,18/12) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta yang juga dihadiri oleh Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se DIY.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan DIY GBPH.Drs.H.Yudhaningrat dasar Pemberian Pengharagaan Anugrah Budaya Tahun 2013 ini adalah Surat Keputusan Gubernur DIY Nomor: 333 / KEP / 2013 tentang Pemberian Penghargaan Anugrah Budaya.

Adapun penerima Anugrah budaya dari Pemerintah khusus Lembaga dan Pelestari Budaya Tahun 2013 adalah Sedekah Laut penghargaan yang diterima:Lembaga Adat Tradisi alamat Desa Kemadang,Tanjungsari,Gunungkidul. Kegiatan Pisungsung Jaladri penghargaan yang diterima sebagai Pelestari adat dan tradisi dusun Mancingan XI ,Parangtritis,Kretek,Bantul. Sumitro penerima penghargaan sebagai Pelestari Adat Tradisi (Pengrajin Krumpyung) dari Togiri, Hargowilis,Kokap,Kulonprogo. Sastro Dinomo (Ngadikem) Penerima Penghargaan Pelestari Adat Tradisi (Kuliner Jadah Tempe) dari Kaliurang, Hargobinangun, Pakem,Sleman. Sukirap Amanah Pragjakahalpita penerima penghargaan Pelestari Adat Tradisi (tata rias Pengantin) dari jalan Sadewa 27 A,RT.34.RW 11 ,Wirobrajan,Kota Yogyakarta.

Sementara untuk Seniman yang menerima Anugrah Budaya menurut Yudhaningrat adalah Siti Sutiyah.S.Sn sebagai Seni Tari dari Ndalem Pujokusuman,Mergangsan, Yogyakarta, Suyati Sumaryo (Yati Pesek) sebagai Seniman Kethoprak berasal dari Gampingan, Wirobrajan, Entang Wiharsa sebagai Seniman Seni Rupa berasal dari Carikan, Tamanmartani,Kalasan,Sleman, Iman Budhi Santosa Seniman Seni sastra dari Dipowinatan,Mergangsan,Yogyakarta dan Sadipan sebagai seniman karawitan dari Banyubening,Bejiharjo,Karangmojo,Gunungkidul.

Sedangkan Penerima Penghargaan Cagar Budaya diterima Kraton Yogyakarta yaitu bangunan Eks Balaikota lama (Gedung Punokawan) di jalan Ahmad Dahlan, Bangunan Bank Indonesia yang terletak di Jln.Panembahan Senopati,Yogyakarta. PT.Hotel Indonesia Natour (PT HIN) bangunan Hotel Inna Garuda di jln. Malioboro.60,Yogyakarta. PT.Purbawisata Prima Indah yaitu Bangunan The Phonix Hotel Yogyakarta yang terletak di jln.Jendral Sudirman 9 Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Kulonporgo Bangunan Gedung Bale Agung yang terletak di kompleks kantor Pemerintah Kabupaten,Kulonprogo.

Lebih lanjut Gubernur DIY melalui Paku Alam IX menyampaikan bahwa Pemberian Penghargaan ini diharapkan benar-benar dapat menjadi motivator bagi penerimanya , sehingga dapat memberikan pengabdian terbaiknya dalam rangka ikut melestarikan budaya kita yang adiluhung serta menjadi pelaku budaya yang tetap berkomitmen pada pelestarian budaya.

Para Pelestari budaya selain menerima Sertifikat Penghargaan juga menerima uang pengembangan dan uang perawatan dari Pemerintah.

Dalam kesempatan pemberian Anugrah Penghargaan tersebut juga dimeriahkan pagelaran tari. (Krn)

Humas diy

Bagaimana kualitas berita ini: