29 Mar 2012
  Humas Berita,

Yogyakarta Selenggarakan Seminar Kreatifitas Telematika

Yogyakarta Selenggarakan Seminar Kreatifitas Telematika

 

Yogyakarta terpilih menjadi pelopor Sekolah Menengah Kejuruan Animasi

Yogyakarta (29-03-2012) pemda.diy.go.id - Perkembangan Animasi dimulai dari beberapa pemuda pelopor animasi di Indonesia. Sehingga animasi bisa menjadi konten di stasiun televisi milik pemerintah maupun IT dengan menggunakan animasi digital. Dimana sampai saat ini berkembang studio animasi di berbagai daerah di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Ir Triharso, Direktur Industri Elektronik Telematika, saat memberi sambutan pada acara pembukaan seminar tentang pengembangan industri kreatif telematika di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta pada Hari Kamis (29/03).

Peserta seminar berjumlah 60 orang berasal dari berbagai komunitas, baik komunitas Animasi, Sekolah Menengah Jurusan Animasi (SMK) hingga perguruan Tinggi yang memiliki jurusan Animasi.

Lebih lanjut dikatakan Triharso, Sejarah Animasi di Yogyakarta sempat menoreh tintas emas di dunia Animasi Indonesia dengan Film Animasi Layar Lebar Full 3-D yang berjudul Homeland hasil produksi dari studio Kasatmata pada tahun 2004.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah, melalui Kemendiknas, dimana Yogyakarta terpilih menjadi pelopor Sekolah Menengah Kejuruan Animasi seperti SMK5 Yogyakarta yang mana di Yogyakarta juga ada salah satu Studio Animasi yang membuat Film Animasi layar lebar yang berjudul The Cronide Of Java Kata Triharso

Program Animasi ini supaya mendapatkan dukungan dari berbagai Instansi baik itu Instansi Pemerintah maupun Instansi Swasta, harapannya supaya anak-anak yang baru lulus dari Sekolah Menengah Jurusan Animasi bisa mendapat pekerjaan dengan dukungan materiil maupun Imateriil dari pemerintah maupun swasta. Dengan adanya dukungan tersebut anak-anak bisa berkembang kreatifitasnya.

Sementara Kepala Dinas Perindagkop Provinsi DIY yang diwakili oleh Bapak Ir. Polin Napitupulu, menjelaskan bahwa, Yogyakarta sangat tersedia mengenai Sumber Daya Manusia yang ahli dibidang Animasi, jika Yogyakarta akan menjadi pelopor Film Animasi Peridagkop Provinsi DIY sangat mendukung, dan jika para komunitas akan melaksanakan pertemuan bisa bertempat di Dinas Perindagkop. Ungkap Poling

Sedangkan ibu Anes dari Bidang Penyiaran Kementerian Kominfo memberi penjelasan, bahwa Pemerintah telah memberi perlingdungan terhadap produk lokal , misalnya jika TV Swasta akan membuat konten siaran dari luar negeri hanya diberi konten 20 %, ini salah satu bentuk pemerintah memberi lingdungan pada produk lokal, supaya hal itu dimanfaatkan oleh para pembuat Film Animasi lokal. Imbuhnya.

Yogyakarta akan menjadi pusat Animasi Indonesia sangat bagus, karena dilihat dari kultur budaya masyarakatnya Yogyakarta sangat mengdukung untuk pembuatan Film Animasi. Tambah Triharso

Jika Yogyakarta menjadi pusat Animasi Indonesia akan lebih semarak dan mendunia, karena Yogyakarta akan menjadi wisata kreatif, sehingga dapat memperkaya dan menyemarakkan Animasi Indonesia dan Dunia, supaya pada tahun 2015 Indonesia telah siap menjadi program ANIMASI JOGJA UNTUK DUNIA.(krm..)

Humas Biro UHP DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: