27 Jun 2012
  Humas Berita,

Yogyakarta Tuan Rumah Simposium Pernaskahan Internasional

Yogyakarta Tuan Rumah Simposium Pernaskahan Internasional

KEPATIHAN YOGYAKARTA (26/06/2012) pemda-diy.go.id Yogyakarta menjadi tuan rumah Simposiun Pernaskahan Internasinal serta Pameran mengenai pernaskahan, yang diikuti 10 negara Asean, Eropa, dan Australia, September mendatang.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Simposium Pernaskahan, Drs.Sudibyo, MHum, saat bersilahturahim dengan Wagub DIY Paku Alam IX, di ruang rapat Wagub, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (26/06).

Dikatakan Sudibyo, disamping Simposium Pernaskahan juga akan dilaksanakan pameran naskah-naskah kuno dari berbagai negara, Sementara Yogyakarta akan mempamerkan naskah Kraton Ngayogyakarta dan Pakualaman dalam bentuk CD.

Rencana pembukaan nanti pada 11 September 2012, setelah pembukaan malam harinya para peserta akan diajak resepsi istilah panitia, di Puro Pakulaman dengan suguhan tarian tradisional yang mengambil cerita dari Kraton dan Puro Pakualaman, ungkapnya.

Wagub Paku Alam IX didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Drs.GBPH. Yudaningrat, MM, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Ir. Retno Setjowati, MS, dan Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol Ir. Sigit Haryanta, MT, sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan para Panitia Simposium Pernaskahan. Tingkat Internasional ini, dan minta supaya dipersipakan sebaik-baiknya agar bisa berjalan lancar.

Sementara Yudaningrat mengingatkan, pameran dan simposium yang akan dilaksanakan ini harus dikoordinasikan dengan instansi terkait, sebab bagaimanapun naskah-naskah Kraton dan Pakualaman adalah naskah yang memiliki sejarah.

Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, tandasnya.

Ia juga minta agar dalam dalam simposium nanti dijelaskan bagaimana cara merawat naskah-naskah kuno supaya tidak rusak. Pengetahuan ini sangat penting, karena banyak naskah kuno yang rusak dikarenakan tidak mengetahui tata cara merawatnya. (skm/rsd)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: