12 Agt 2019

Garebeg Besar sebagai Ucapan Syukur

Yogyakarta (12/08/2019) jogjaprov.go.id - Hajad Dalem Garebeg Besar Keraton Yogyakarta telah diselenggarakan pada Senin (12/08) pagi untuk memeringati Hari Raya Idul Adha 1440 H. Berangkat dari Keraton Yogyakarta, tujuh gunungan dikirim ke Puro Pakualaman, Masjid Besar Yogyakarta, dan Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Gunungan yang dikirim ke Kantor Gubernur DIY diterima langsung oleh Sekda DIY, Ir. Gatot Saptadi, Senin (12/08) di Halaman Bangsal Wiyoto Projo, Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta. Gunungan diarak dari Keraton Yogyakarta dengan dikawal oleh 2 ekor gajah yang telah dihias dengan cantik. Selain gajah, terdapat bregada prajurit turut serta mengawal gunungan tersebut.

Garebeg Besar ini merupakan sebuah upaya untuk melestarikan tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Adapun gunungan yang diterima berisi berbagai macam hasil bumi seperti roti gandum, kacang panjang, cabai, bawang, dan lain-lain yang disusun menyerupai gunung membentuk kerucut. Garebeg Besar ini sekaligus menjadi bentuk ucapan syukur atas berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa melalui hasil tani yang melimpah.

Setelah menerima gunungan tersebut, Gatot menyampaikan rasa terima kasih dan harapan kepada Raja  Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Gatot berharap Sri Sultan, istri, dan anak-anak beserta seluruh abdi dalem Keraton Yogyakarta diberi kesehatan, keselamatan dan umur panjang.

Gatot mengawali prosesi perebutan gunungan tersebut dengan mengambil salah satu isi dari gunungan yang berisi hasil bumi masyarakat tani DIY. Setelah itu, masyarakat yang hadir secara serentak berdesakan untuk ikut berebut mengambil isi gunungan. Masyarakat sangat antusias mengikuti prosesi ini. Diyakini oleh masyarakat, barang siapa mampu mendapatkan isi dari gunungan tersebut, maka akan mendapatkan berkah.

Garebeg dapat menjadi momenperekat keakraban masyarakat. Tua, muda, pendatang, turis lokal, turis asing pun ikut antusias meramaikan acara Garebeg Besar 1440 H tersebut. Terlihat juga banyak anak-anak yang turut antusias meramaikan acara. Semoga tradisi ini dapat lestari hingga di kemudian hari. (nw)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: