01 Agt 2024
  Humas DIY Berita,

Digitalisasi Leadership Antarkan Beny Raih ADLGA 2024

Jakarta (01/08/2024) jogjaprov.go.id - Sekda DIY,  Beny Suharsono mendapatkan penghargaan ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards (ADLGA) 2024. Berdasarkan penilaian, Beny telah memastikan kepatuhan terhadap kebijakan dan telah memastikan keterlibatan seluruh pihak dalam digitalisasi.

Bersama 3 Sekda provinsi, 3 Sekda kota, dan 3 Sekda kabupaten se-Indonesia, Beny menerima penghargaan tersebut dari Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Restuardy Daud, pada Kamis (01/08) di Jakarta Convention Center, Jakarta. 9 Sekda tersebut dinilai mampu memaksimalkan optimalisasi sumber daya digital.

Beny menyebut, digitalisasi merupakan keharusan yang tidak bisa tidak diterapkan dalam pemerintahan. Transformasi digitalisasi memang menjadi salah satu kunci percepatan pelayanan masyarakat dan pembangunan daerah. Transformasi digital yang sedang berlangsung di DIY merupakan penggabungan antara majunya teknologi informasi dengan etika dan adat istiadat.

"Saat ini kami sedang menghadapi transformasi digital dengan perbedaan generasi. Namun kami tidak sekedar membuat digitalisasi ini mengambil alih semua tanpa adanya filter, kami mengupayakan untuk menjaga hubungan antar generasi tapi juga membangun ekosistem digital," ujar Beny.

Kemajuan teknologi menurut Beny merupakan dukungan yang sangat besar bagi pertumbuhan pembangunan. Saat ini, SDM di pemerintahan diwajibkan untuk tidak  sekedar menjadi pekerja kantoran tapi bekerja peradaban. Transformasi digital dengan tetap memegang erat budaya dan adat istiadat bukan tidak mungkin diwujudkan.

"Saya sangat senang karena setelah ini generasi baru akan muncul dan mengisi ruang dan waktu digitalisasi di DIY. Geliat digital ini saya harap mampu mewujudkan cita-cita bersama mewujudkan pembangunan, meningkatkan pelayanan, dan memaksimalkan pertumbuhan masyarakat dan negara," kata Beny.

Sementara itu, Restuardy Daud mengatakan, Beny dinilai mampu memaksimalkan pelayanan digitalisasi di Daerah istimewa Yogyakarta yang memberikan efek positif bagi peningkatan mutu pelayanan masyarakat. Beny  menurutnya telah memastikan manfaat dari digitalisasi tercapai.

"Sekda  DIY telah memastikan risiko digitalisasi telah terkelola. Digitalisasi pemerintahan di Indonesia merupakan kebutuhan yang tidak dapat dielakkan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan," tutur Restuardy.

Restuardy menjelaskan, ADLG Award diharapkan menjadi pemantik kesadaran para Sekda akan pentingnya kepemimpinannya dalam mensukseskan digitalisasi pemerintahan. Sejak tahun 2003, Indonesia telah memulai langkah awal digitalisasi pemerintahan melalui inisiatif e-government. Namun, implementasi e-government yang dilakukan secara sektoral dan tidak terpadu selama ini belum mampu menghasilkan transformasi digital yang diharapkan.

Salah satu titik penting dalam perjalanan digitalisasi pemerintahan di Indonesia adalah penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Perpres SPBE ini menjadi landasan hukum yang komprehensif dalam pelaksanaan transformasi digital di lingkungan pemerintahan.

Dalam rangka mempercepat transformasi digital, Kementerian Dalam Negeri juga menerbitkan Surat Edaran Nomor 025/5884/SJ Tahun 2020 tentang Percepatan Transformasi Digital di Lingkungan Pemerintah Daerah. Surat edaran ini mendorong pemerintah daerah untuk melakukan transformasi digital dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat.

"SPBE secara substansi berfokus pada tata kelola pemerintahan berbasis elektronik yang meliputi pengawasan dan pelaksanaan pemerintahan berbasis elektronik. Tentu dengan pendekatan utama membangun keintegrasian proses bisnis sehingga diperoleh data sebagai pengambil keputusan dalam paradigma Data Driven Government," papar Restuardy.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY,  Hari Edy Tri Wahyu Nugroho menjabarkan, sebagai OPD yang menjadi pelopor digitalisasi di DIY, ia dan jajaran telah berupaya menyelenggarakan digitalisasi dengan sebijak mungkin. Sesuai arahan Sekda DIY, ia berkomitmen untuk semakin meningkatkan transformasi digital dengan lebih masif.

"Ini PR kita bersama, untuk terus meningkatkan diri. Pak Beny (Sekda DIY) sangat mendukung proses transformasi digital ini dengan sangat luar biasa," tutupnya. (uk/Alh)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: