15 Des 2020

DIY Raih Penghargaan Kemitraan Daerah pada KPPU Awards 2020

Yogyakarta (15/12/2020) jogjaprov.go.id – DIY mendapatkan penghargaan pratama dari Komisi Pengawas Persaingan Udaha (KPPU) Awards  2020 pada kategori Kemitraan Daerah. Mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X,  Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY Tri Saktiyana menerima secara lagusng penghargaan tersebut,  Selasa (15/12) di Jakarta.

KPPU Awards merupakan apresiasi rutin yang diberikan KPPU terhadap darah yang  memiliki kontribusi terbaik terhadap dua peran utama KPPU. Dua kontribusi itu adalah sebagai pengawas persaingan usaha dan pengawas pelaksanaan kemitraan.

Tri Saktiyana menyampaikan, KPPU selama ini mengawai dan memonitor kemitraan di daerah, termasuk para pengusahanya. Menurutnya, ada delapan kemitraan yang dievaluasi selama penilaian yaitu, pola inti plasma, kemitraan dengan sistem kontrak, perdagangan umum, distribusi dan keagenan, bagi hasil, kerjasama operasional, usaha patungan dan outsourcing.

Dari kriteria ini, DIY beserta bidang usahanya termasuk dengan UMKM telah memenuhi kriteria tersebut. Apa yang menjadi penilaian dari KPPU menurut Tri Saktiyana dilakukan tanpa sepengetahuan pihak yang dinilai. Tidak ada persiapan khusus, karena memang penilaian dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

“Penilaian dilakukan diam-diam mulai tahun 2019 sebelum Covid sampai 09 Oktober 2020 ini. Kita tidak pernah tahu kalau dinilai, karena tidak  pertanyaan yang diajukan. Tahunya baru minggu kemaren bahwa kita dapat nominasi. Jadi kita tidak mempersiapkan sama sekali, murni dari mereka,” jelas Tri Saktiyana.

Tri Saktiyana berharap, penghargaan ini mampu meningkatkan semangat bagi masyarakat untuk meningkatkan prestasi. Peningkatan prestasi ini dilakukan bukan untuk mendapatkan penghargaan, namun untuk meraik kesejahteraan.

“Kami memiliki sistem pembinaan usaha kecil. Kami bermitra, baik dari usaha kelas rakyat sampai kelas tinggi. Kami tidak memandang itu kecil atau besar, karena itu semua demi kemakmuran rakyat DIY. Saya berharap kemitraan dan bisnis akan menjadi lebih sehat. Kemudian kalau kemitraannya sehat, tentu kesejahteraannya juga lebih bisa dinikmati oleh banyak pihak,” ungkapnya.  

KPPU Award sendiri merupakan bentuk apresiasi dari KPPU kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi atas kinerjanya melaksanakan prinsip-prinsip persaingan usaha dalam penyusunan dan pelaksanaan berbagai kebijakan pemerintah khususnya dibidang ekonomi, serta dalam mengawasi pelaksanaan prinsip kemitraan dan pola kemitraan yang ideal.

Apresiasi tersebut diberikan KPPU berdasarkan berbagai kriterian penilaian, yakni ; Koordinasi antar kementerian/lembaga dala perumusan kebijakan persaingan dan pengawasan pelaksanaan kemitraan; Tingkat adaptasi rekomendasi kebijakan persaingan; Inisiatif Provinsi untuk mendorong persaingan usaha di daerahnya; Kontbusi Provinsi baik langsung maupun tidak langsung atas agenda persaingan usaha dan kemitraan; Tingkat koordinasi antar lembaga dalam pengawasan persaingan dan kemitraan. (uk/yf)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: