21 Agt 2024
  Humas DIY Berita,

Harastha Haifa Zahra: Miss Supranational 2024 Inspirasi Perempuan Indonesia

Yogyakarta (20/08/2024) jogjaprov.go.id – GKBRAY Paku Alam, istri Wakil Gubernur DIY dan istri Danlanud Adisutjipto hadir sebagai tamu undangan spesial pada acara talkshow “Beauty Talks with Miss Supranational 2024” pada Selasa (20/08). Sebuah acara yang menghadirkan pembicara, seorang Putri Indonesia sekaligus pemenang Miss Supranational 2024, Harastha Haifa Zahra.

“Beauty Talks with Miss Supranational 2024” adalah sebuah sesi inspiratif yang membantu kita untuk memahami dan mengaplikasikan konsep kecantikan secara holistik. Putri Indonesia 2024, Harastha Haifa Zahra mampu mengharumkan Indonesia dengan memenangkan kontes taraf internasional, Miss Supranational 2024. Sheraton Resort & Spa, berkesempatan menghadirkan Harastha untuk menjadi pembicara eksklusif dalam talkshow hari ini.

 

Melalui kegiatan talkshow hari ini, kita jadi bisa mengenal langsung, siapa sosok Putri Indonesia sekaligus pemenang Miss Supranational 2024, yang telah mengharumkan nama Indonesia pada ajang kontes kecantikan internasional, pada Juli lalu. “Tak Kenal Maka Tak Sayang” itulah ungkapan yang dituturkan oleh istri Wakil Gubernur DIY, GKBRAY Paku Alam saat diwawancarai, seusai acara, di Sheraton Mustika Yogyakarta resort and Spa.

“Dari pengalaman yang dia ceritakan, kita bisa mengambil ilmu untuk kita contoh. Bahwasanya untuk meraih impian, cita-cita, perlu usaha dan kerja keras yang dilakukan secara konsisten. Semuanya harus melewati sebuah proses, tidak boleh instan. Dia bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, khususnya anak muda" jelas Gusti Putri.

Miss Supranational baru dimulai pada tahun 2009, berbasis di negara Polandia. Harastha adalah perwakilan Indonesia pertama yang berhasil mengenakan mahkota Miss Supranational.

Pada kesempatan tersebut, Gusti Putri mengajak supaya kita dapat mengenali diri sendiri, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan pada diri kita, mampu menggali potensi diri dan mengembangkannya.

Tak hanya itu, Gusti Putri juga berpesan bahwa setiap anak muda yang memiliki talenta harus percaya diri. Memegang komitmen pada sesuatu yang dijalankan, apapun bidangnya, tidak hanya pada kontes kecantikan saja, tapi juga untuk bidang-bidang yang lainnya.

"Dari acara ini, kita jadi tahu bagaimana Harastha bekerja keras untuk meraih cita-citanya. Tadi, semua yang hadir mengikuti acara dengan positif dan antusiasme yang tinggi. Semoga mereka mendapat manfaat dan pengalaman yang memuaskan".

Pada talkshow tersebut, Harastha mengatakan, dirinya sudah sangat bersyukur waktu jadi Putri Indonesia Jawa Barat. Ia mengungkapkan, selama di karantina, dirinya selalu "be yourself" tidak pernah ingin menjadi seperti orang lain,  dan tidak pernah terlintas jadi pemenang. Keinginannya cukup sederhana, hanya ingin jadi Putri Aktivis untuk Lingkungan. Namun akhirnya dia bisa menjuarai Putri Indonesia 2024.

Dari Putri Indonesia 2024, dia mewakili Indonesia mengikuti kontes Miss Supranational di Polandia, pada 6 Juli 2024. Dia mulai mempersiapkan diri. Melihat potensi dan kelemahan yang ada pada diri sendiri. Bermain musik dan beryanyi adalah bagian dari bakat yang dimilikinya.

Public speaking dan kemampuan berbahasa Inggris adalah kelemahan yang dirasakannya pada saat itu, sebelum mengikuti kontes. Dengan kemauan dan usaha, dia terus berlatih untuk menambah kemampuannya dalam public speaking dan Bahasa asing. Hal ini dilakukannya terus-menerus dan konsisten. Ia juga menambahkan, bahwa peran orang tua sangat besar pada pencapaiannya saat ini.  “Orang tua saya selalu memberi motivasi dan dukungan, agar saya selalu semangat untuk meraih apa yang dicita-citakan”.

Upaya yang dilakukan secara konsisten serta dukungan dari orang tuanyalah, yang mampu mengantarkannya pada pencapaian saat ini. Keluarga menjadi support system baginya. Mereka selalu memberi motivasi kepadanya. Dan dari orang tuanya juga, Harastha belajar untuk mengenali diri sendiri. Apa yang menjadi kekuatan dan kekurangan dalam dirinya.

Usaha dan kerja kerasnya akhirnya membuahkan hasil. Pada kontes Miss Supranatural ia memperkenalkan budaya Indonesia lewat alat musik tradisional, kecapi yang dimainkannya. Lewat sebuah lagu daerah Bubuy Bulan, Jaipong dan tari Bali. Saat karantina, ia selalu menampilkan keramah-tamahan yang menjadi ciri bangsa Indonesia. Selalu bangga mengenakan wastra dan kebaya, di kesehariannya saat karantina.

Merupakan sebuah kesempatan berharga untuk mendengarkan secara langsung inspirasi dan pengalaman dari sang juara. Talkshow ini bertujuan merayakan kemenangan Harastha, serta memberikan wawasan yang berharga tentang perjalanan, pengorbanan dan pencapaian di dunia kecantikan.

Tak hanya itu, talkshow ekslusif tersebut juga dimeriahkan dengan fashion show yang menampilkan koleksi terkini, dari para desainer naungan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) yang telah merambah ke kancah mancanegara. Dapat memperkenalkan karya-karya indah dan memberikan platform bagi para desainer untuk menunjukan keahlian mereka.

Selain itu, fashion show yang diselenggarakan pada acara tersebut adalah cerminan dari kecantikan dan kreatifitas yang luar biasa. Menjadi sebuah harapan, dengan diadakannya talkshow eksklusif tersebut, perempuan-perempuan Indonesia semoga dapat termotivasi untuk menjadi perempuan cantik, berbakat dan berprestasi. (Ft/Ind)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: