17 Mei 2024
  Humas DIY Berita,

Kreatifitas Dukung Kemajuan UMKM

Surakarta (17/05/2024) jogjaprov.go.id - Wakil Ketua Dekranasda DIY, G.K.B.R.A.A Paku Alam mendampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada acara peninjauan Expo Dekranas pada Kamis (16/5), sebagai rangkaian acara pada puncak acara peringatan  HUT Ke 44 Dekranas yang dilaksanakan di alun-alun Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.  

Pada acara yang diselenggarakan selama 3 hari (15-18 Mei) dan dibuka untuk umum ini, ibu Iriana Jokowi meninjau booth-booth produk UMKM se-Indonesia dan pelaku industri kreatif yang menampilkan produk-produk unggulan, produk kerajinan tangan, fesyen, dan kuliner. "Ibu Iriana Joko Widodo dan ibu Wury Ma'ruf Amin juga mengunjungi booth-nya Dekranasda DIY. Beliau berdua melihat-lihat batik, kerajinan silver, ecoprint, sepatu dan tas. Tadi ibu Wury juga berkenan mundhut satu tas buatan pengrajin Yogyakarta," jelas Gusti Putri.

Lebih lanjut, Gusti Putri menuturkan bahwa baik ibu Iriana maupun ibu Wury, keduanya kagum dengan pengrajin-pengrajin yang ada di DIY. "Karena beliau bilang pengrajin-pengrajin DIY adalah pengrajin yang kreatif, yang mengetahui permintaan dan selera pasarnya. Kita juga mempunyai booth yang besar untuk pengrajin-pengrajin di Yogyakarta," tambahnya.

Gusti Putri berharap, kegiatan ini bisa menggeliatkan pengrajin-pengrajin DIY untuk terus berkarya dan jeli melihat pangsa pasar. Dan kepada seluruh UMKM yang ada DIY agar dapat memanfaatkan moment melalui pameran-pameran pada setiap kesempatan. Ada 8 UMKM perwakilan Dekranasda DIY pada Expo Dekranas 2024. Salah satunya adalah Ida Dwiyani, pemilik brand FAJIRRO Leather Batik dari Bantul.

Ida menjelaskan, untuk dapat menjadi salah satu perwakilan UMKM pada Expo Dekranas 2024, yaitu adalah UMKM yang telah memenuhi kriteria sebagai UMKM yang inovatif, kreatif dan berkualitas ekspor. "Oleh karena itu, UMKM harus selalu berusaha mempertahankan kualitas produknya, kreatif selalu menciptakan inovasi baru dan diversifikasi produk dengan jenis bahan baku yang sama," ucapnya.

Ia berharap akan mendapatkan banyak buyer yang berkelanjutan melalui pameran ini, dan ia mengatakan dihari pertama expo (15/05) kemarin ia sudah mendapatkan calon buyer yang dimaksud. Sebelumnya ia pernah mengekspor hasil kerajinannya ke Taiwan. Ida bersyukur, adanya program gratis biaya ongkir Rp.0 dari pemerintah melalui aplikasi SiBakul, sangat membantu memulihkan usahanya yang sempat terimbas oleh pandemi lalu. Kini, usahanya bisa pulih kembali.

Expo Dekranas 2024 juga dimeriahkan oleh beberapa artis seperti Rafi Ahmad dan penyanyi Jakarta, Rosa dan Maliq & D'Essentials. (Ft/Ind/Rd)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: