09 Jul 2024

Paskibraka Perwakilan DIY Diharapkan Jaga Kesehatan

Yogyakarta (09/07/2024) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan siswa-siswi paskibraka yang akan mewakili DIY pada upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024 mendatang. Bertempat di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta pada Selasa (09/07), siswa-siswi paskibraka datang untuk meminta doa restu sebelum memasuki masa karantina.

Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) DIY, Kusuma Andrian Saputro usai pertemuan mengatakan, untuk pertama kalinya upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, siswa-siswi yang bertugas mewakili DIY memohon izin dan doa restu kepada Gubernur DIY.

"Kunjungan kami hari ini dalam rangka pamitan adik-adik yang akan dikirim ke IKN. Tentunya kami juga meminta wejangan bagi adik-adik. Yang bertugas mewakili DIY nantinya ada satu pasang. Mereka akan berangkat tanggal 12 Juli 2024," ungkapnya.

Dikatakan Kusuma, siswa-siswi wakil DIY yakni Zulfikri Khairul Rizal, siswa SMA Negeri 1 Sewon dan Kinina Evin Chandra, siswi SMA Negeri 8 Yogyakarta. Kepada keduanya Sri Sultan memberi nasihat agar bisa selalu menjaga kesehatan. Hal ini sehubungan dengan suhu di IKN yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan DIY.

"Pesan khusus beliau tadi ialah untuk menjaga kesehatan, karena beliau sendiri sudah pernah ke IKN dan merasa di sana suhunya sangat panas. Beliau juga sempat menanyakan persiapan kami, termasuk camilan karena lokasi yang jauh dari mana-mana. Dan yang terus beliau tekankan kepada anak-anak ialah minum yang banyak," imbuhnya.

Kusuma menambahkan, karantina paskibraka tingkat nasional akan dipusatkan di Cibubur sejak 12 Juli 2024. Jika tidak ada perubahan rencana, pada 5 Agustus 2024 paskibraka akan berangkat ke IKN dan melanjutkan karantina hingga selesainya tugas mereka.

Dalam kesempatan yang sama, Zulfikri Khairul Rizal, siswa SMA Negeri 1 Sewon yang mewakili DIY mengatakan, persiapan yang dilakukannya jelang memasuki masa karantina paskibraka tingkat nasional ialah persiapan fisik. Rizal sapaan akrabnya, mengaku betul-betul mempersiapkan tubuhnya agar bisa selalu dalam kondisi yang fit.

"Persiapan utamanya fisik. Selain itu, persiapan barang-barang yang akan saya bawa selama karantina hingga selesainya tugas. Saya juga mengumpulkan materi-materi dari kakak-kakak yang sebelumnya sudah pernah mewakili DIY," ungkapnya.

Sama halnya dengan Rizal, Kinina Evin Chandra, siswi SMA Negeri 8 Yogyakarta juga mengaku cukup ketat mempersiapkan dirinya begitu ditetapkan sebagai paskibraka wakil DIY. Selain persiapan kesehatan, Kinina juga melakukan persiapan terkait wawasan tentang DIY.

"Wawasan tentang DIY, termasuk budayanya saya persiapkan juga, karena nanti selama karantina kami juga harus mempresentasikan tentang DIY kepada peserta dari provinsi lainnya," imbuhnya. (Rt/Yd)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: