18 Agt 2024
  Humas DIY Berita,

Persatuan dan Kesetaraan Bekal Menyongsong Indonesia Gemilang

Yogyakarta (18/08/2024) jogjaprov.go.id – Momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dapat dijadikan sebagai batu loncatan besar bagi Indonesia menuju masa depan yang gemilang. Dalam menyongsong masa depan yang lebih cerah, segenap bangsa Indonesia pun membutuhkan semangat baru yang besar dan kuat, bersumber dari persatuan dan kesetaraan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan hal demikian dalam sambutannya pada Resepsi Kenegaraan Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 DIY yang digelar di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan Yogyakarta pada Sabtu (17/08) malam. Sri Sultan mengatakan, semangat yang bersumber dari persatuan dan kesetaraan ini penting mengingat tahun 2024 merupakan tahun yang sangat istimewa bagi bangsa Indonesia.

Pada tahun 2024 ini, Indonesia sedang menyongsong tiga momen penting yaitu persiapan Ibu Kota Baru Nusantara, pergantian kepemimpinan nasional, serta langkah awal menuju Indonesia Emas 2045. Ketiga momen ini bukan sekadar peristiwa biasa, tetapi merupakan masa transisi besar yang akan menentukan masa depan Indonesia.

“Tanpa persatuan, kita akan kehilangan arah, dan tanpa kesetaraan, kita akan kehilangan keadilan. Oleh karena itu, mari kita semua bersatu padu, saling bahu membahu, untuk menghadapi setiap tantangan dan memanfaatkan setiap peluang yang ada, demi mencapai cita-cita kita bersama, Indonesia yang maju, adil, dan makmur,” tutur Sri Sultan.

Namun, dalam setiap langkah ke depan, Sri Sultan menyebutkan bahwa segenap pihak harus tetap berpijak pada nilai-nilai luhur yang telah menjadi fondasi bangsa Indonesia. Harus menghormati kodrat alam, menjaga kelestarian budaya, serta menghargai keberagaman sebagai kekayaan yang memperkuat jati diri kita sebagai bangsa Indonesia.

“Dengan semangat ini, kita yakin bahwa Indonesia akan terus maju dan menjadi bangsa yang dihormati di kancah internasional. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk terus menjaga semangat kemerdekaan ini, mengisi kemerdekaan dengan karya nyata, dan terus berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara,” ujar Sri Sultan.

Selain itu, Sri Sultan turut menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mencurahkan tenaga, waktu, dan pikiran demi terselenggaranya rangkaian kegiatan Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 ini. Dedikasi dan kerja keras ini menjadi bukti nyata bahwa semangat gotong royong dan kebersamaan sebagai bangsa tetap terjaga dan kuat.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD DIY Nuryadi dalam sambutannya menuturkan, tema Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’ mengacu pada sisi Indonesia untuk membangun identitas nasional yang lebih kuat dan bersatu. Pun menegaskan kembali peran penting Indonesia di kancah global.

“Tema ini juga menekankan tekad bangsa untuk terus berkembang di berbagai aspek baik ekonomi, sosial, maupun teknologi. Kita semua memiliki peran penting dalam misi ini. Dimulai dari lingkungan kecil kita hingga skala nasional,” kata Nuryadi.

Diutarakan Nuryadi, saat ini bangsa Indonesia tengah menghadapi berbagai tantangan baik dari sisi ekonomi, sosial, maupun lingkungan. Sebagai salah satu pusat kebudayaan dan pendidikan di Indonesia, DIY dihadapkan pada tantangan untuk menjaga keseimbangan antara perkembangan modernisasi dan pelestarian nilai-nilai budaya. Selain itu, juga perlu meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan serta mengatasi kemiskinan, pengangguran hingga pemasangan sampah yang masih menjadi pekerjaan rumah seluruh pihak.

“Di tengah perjalanan ini, kita tidak boleh mengabaikan kritik yang konstruktif. Tantangan ini memerlukan sinergi dari seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dan swasta untuk dapat mewujudkan Yogyakarta yang lebih baik dan berdaya saing. Melalui momentum peringatan kemerdekaan ini, mari kita tingkatkan semangat gotong royong dan persatuan. Bersama-sama menyelesaikan segala permasalahan yang ada di DIY hingga ke akar-akarnya. Dengan semangat kemerdekaan ini pula, mari kita wujudkan, cita-cita untuk Indonesia dan DIY yang lebih baik,” pungkas Nuryadi.

Resepsi kenegaraan ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY beserta GKBRAA Paku Alam, jajaran Forkopimda DIY, keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, keluarga Pura Pakualaman, Sekda DIY, dan Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY. Tampak hadir pula Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, Kepala OJK DIY, Kepala Perwakilan BPK DIY, Direktur Utama Bank BPD DIY, dan segenap hadirin tamu undangan lainnya. (Han/Ts/Jon)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: