23 Mei 2024

Pj. Bupati Kulon Progo Melepas Jemaah Calon Haji 2024.

Kulon Progo (23/05/2024) jogjaprov.go.id - Sebanyak 377 jemaah calon haji Kabupaten Kulon Progo berkumpul di Masjid Agung Kulon Progo, pada kamis (23/05) guna mengikuti acara pelepasan jemaah calon haji oleh Pj. Bupati Kulon Progo menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Pj. Bupati Kulon Progo, Srie Nurkyatsiwi menyampaikan selamat kepada seluruh jemaah calon haji Kabupaten Kulon Progo. "Insya Allah para jemaah calon haji akan berangkat ke tanah suci Mekkah dan akan segera memasuki Asrama Haji Donohudan mulai hari ini," jelasnya.

Ia mendoakan, semoga jemaah calon haji senantiasa diberikan kelancaran, selamat sampai tujuan, tidak mengalami banyak kendala dan senantiasa diberikan kesehatan selama menunaikan ibadah haji. Serta, pada waktunya nanti mereka dapat pulang kembali tanah air dengan selamat. Pulang dengan harapan menjadi seorang haji yang mabrur.

Siwi juga berpesan, agar selama di tanah suci nanti jemaah dapat terus menjaga kesehatan, baik fisik maupun rohaninya. Dengan menjaga pola makan dan istirahat yang cukup, sehingga semua ibadah selama haji dapat dilaksanakan dengan baik.

Selain mendoakan para jemaah, Siwi juga memohon kepada para jemaah selama di tanah suci untuk berkenan mendoakan seluruh warga masyarakat Kabupaten Kulon Progo agar selalu diberikan kesehatan dan kesejahteraan, terhindar dari segala bencana dan marabahaya. Tak hanya itu, ia juga mohon didoakan agar segala aspek pembangunan di Kabupaten Kulon Progo dapat berjalan dengan baik, lancar, membawa kebaikan dan manfaat serta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Kulon Progo.

Selanjutnya, ia menjelaskan, keberadaan Bandara YIA di Temon menjadi harapan khususnya bagi warga Kulon Progo untuk memiliki embarkasi sendiri. Sehingga proses persiapan berangkat haji menjadi lebih mudah dan efisien. "Semoga harapan ini bisa terwujud di masa yang akan datang," ucapnya.

Meskipun daftar tunggu dalam keberangkatan ibadah haji masih cukup lama, tapi tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk mendaftar ibadah haji. dari tahun ke tahun calon jemaah haji yang mendaftar dari Kabupaten Kulon Progo terus meningkat.

Hal ini dapat dijadikan parameter bahwa minat umat muslim di Kulon Progo untuk berhaji setiap tahun mengalami peningkatan. "Boleh dikatakan, warga umat muslim di Kulon Progo mengalami peningkatan baik dari sisi materi ataupun keimanannya," ungkap Siwi.

"Saya ikut berbangga bahwa keinginan umat muslim di Kulon Progo semakin meningkat untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima ini," tambahnya. Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh umat muslim untuk menyiapkan diri baik dari sisi materi maupun mental, serta memohon kepada Allah SWT agar suatu saat nanti semua mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci di masa mendatang.

Jemaah calon haji dari Kabupaten Kulon Progo pada tahun 2024 ini terdiri dari 175 jemaah calon haji laki-laki dan 202 jemaah perempuan. 114 jemaah lansia berusia diatas 65 tahun, sedangkan selebihnya adalah jemaah berusia dibawah 65 tahun. Dengan jemaah calon haji tertua, usia 90 tahun dan jemaah termuda yakni usia 24 tahun. Adapun jumlah jemaah calon haji 2024 mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, Kabupaten Kulon Progo mampu memberangkatkan jemaahnya sebanyak satu kloter lebih.

Diperkirakan jemaah calon haji Kabupaten Kulon Progo akan diberangkatkan ke Jeddah dari embarkasi pada Jumat (24/05) pukul 18.45 WIB. (Ft/Ydh)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: