17 Mei 2024

PKK DIY Menjuarai 3 Lomba Jambore Nasional Kader PKK 2024

Solo (17/05/2024) jogjaprov.go.id - PKK DIY berhasil meraih 3 gelar juara lomba Jambore Kader PKK 2024, pada Puncak Peringatan Ke-52 Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Jambore Nasional Kader PKK, yaitu juara III lomba senam kreasi 6 langkah cuci tangan, juara harapan I lomba paduan suara dan juara favorit lomba kreasi jingle Gelari Pelangi. Acara Jambore Nasional Kader PKK yang dilaksanakan mulai tanggal 14-16 Mei 2024 ini dihadiri Wakil Ketua 1 Tim Penggerak PKK DIY, G.K.B.R.A.A. Paku Alam, yang diselenggarakan di Taman Balekambang Surakarta, Kamis malam (16/05)

Ketua Umum PKK, Ny. Tri Tito Karnavian, dalam sambutannya menyampaikan pencapaian pelaksanaan program sampai dengan 2024 dapat tercapai dengan optimal karena adanya dukungan dari Perpres Nomor 69 tahun 2017 tentang Gerakan PKK yang ditindaklanjuti Permendagri Nomor 36 tahun 2020. "PKK telah berperan aktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya perencanaan program ketertiban administrasi dan pelaporan kegiatan. Program penanaman karakter unggul pada anak untuk mencapai Generasi Emas Indonesia, program pembinaan terhadap Industri untuk mencapai ketahanan ekonomi keluarga" ungkapnya. Puncak Peringatan HKG PKK DIY ini dihadiri ribuan kader PKK yang berasal dari seluruh lndonesia, dari Aceh sampai Merauke. 

Pada Puncak Peringatan Ke-52 HKG PKK ini juga diumumkan para penerima pin emas penghargaan Adhi Bhakti 2024 dan penyerahan piagam kepada para wanita yang berjasa dibidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup dan pertanian. Diah Widuretno adalah penerima penghargaan perempuan berjasa dibidang sosial budaya dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Adapun penyematan pin emas dan penyerahan piagam dilakukan oleh Ketua Umum PKK, Ny. Tri Tito Karnavian kepada perwakilan penerima penghargaan. Pengharaan pin emas 2024 diberikan kepada kader yang telah mengabdi berturut-turut selama 38, 39, 42 dan 50 tahun. Penghargaan pin emas adalah penghargaan yang dianugerahkan oleh Tim PKK Pusat kepada para kader PKK yang masa baktinya lebih dari 25 tahun, dibuktikan dengan SK yang tidak pernah putus.

Terkait dengan prestasi yang telah diraih, ketua tim lomba dari PKK DIY, Resmi Widayati menuturkan, "Kami membawakan penampilan Galeri Pelangi dengan diiringi musik Jogja Istimewa yang membuat penampilan kami berbeda dari peserta lain. Kami membawakan sesuai materi lomba yakni Galeri Pelangi, hanya saja ada gubahan aransemen yang kami sesuaikan dengan budaya Jogja namun tidak keluar dari pakem. Sementara kostum yang digunakan adalah pengembangan dari kostum tradisi Jogja yaitu kostum plesiran," tuturnya. 

Lebih lanjut Resmi menjelaskan, ada 4 project yang ingin ditampilkan kepada audience dalam Galeri Pelangi, yaitu gemar membaca, ekonomi, peningkatan pangan dan koperasi.

Turut hadir pada kesempatan ini, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin dan ibu-ibu OASE Kabinet Indonesia Maju.(Ft/Rd/Ind)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: