15 Mar 2018
  Humas Berita,

Sat Pol PP dan Satlinmas DIY Harus Lebih Proaktif Jelang Pilkada

Yogyakarta (15/03/2018) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengimbau Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat DIY harus lebih proaktif jelang Pemilihan Kepala Daerah serentak di tahun 2018. Dengan tema ‘Satpol dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018’, Wagub merujuk untuk mengupayakan peningkatan kesiapsiagaan dan keterlibatan dalam mendukung  kelancaran Pilkada tahun 2018.

“Satpol PP dan Satlinmas sebagai aparat yang menyelenggarakan ketertiban umum, ketentraman, dan menyelenggarakan perlindungan masyarakat harus bersifat proaktif dalam mencermati gelagat juga dinamika di wilayahnya, hal ini demi menjaga stabilitas dan keamanan jelang pesta demokrasi di daerah,” tegas KGPAA Paku Alam X  saat membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri dalam Upacara HUT ke-68 Satpol PP, HUT ke-99 Dinas Kebakaran, dan HUT ke-56 Satlinmas DIY Tahun 2018 di Balaikota, Yogyakarta, Kamis (15/03) pagi.

Wagub juga menekankan,seluruh jajaran Satuan PP harus bertindak netral berdasarkan UU Aparatur Sipil Negara. Dalam hal ini, ASN dinyatakan berperan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan    penyelenggaraan  pelaksanaan kebijakan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktek Korupsi, Kolusi, Nepotisme.

“Faktor yang perlu diperhatikan adalah tahap pelaksanaan yang terkoordinasi, integrasi, sinkronisasi secara vertikal-horizontal dengan KPUD, Bawaslu, TNI, Polri, dan Badan Kesbangpol dengan mengedepankan hubungan saling membantu dan menghormati,” kata Wagub.

KGPAA Paku Alam X juga mengimbau, untuk menjaga komunikasi seluruh jajaran, stakeholders, tokoh agama, dan tokoh adat dalam maksud mencegah potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dengan cara mengutamakan prinsip-prinsip kearifan lokal.

“Tingkatkan kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah sehingga bisa lebih profesional, kompeten, dan berintegritas tinggi yang diharapkan bisa menunjang tugas pokok dan fungsi  operasional di lapangan,” ucap Wagub mengakhiri sambutan.

Dalam kesempatan ini, tidak lupa Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menyampaikan apresiasi setingginya-setingginya, mengucapkan terima kasih, juga penghargaan yang tulus atas dedikasi dan loyalitas yang sudah ditunjukkan hingga saat ini. “Atas nama pemerintah, kami mengucapkan selamat hari jadi kepada seluruh Satpol PP, Dinas Kebakaran, dan Satlinmas dimana saja anda bertugas dan berada di seluruh pelosok Indonesia tercinta,” pungkas Wagub.

Turut hadir dalam Upacara HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Dinas Kebakaran, Walikota-Wakil Walikota Yogyakarta, Bupati-Wakil Bupati se-DIY, perwakilan DPRD DIY, jajaran Polri, TNI, pejabat Kepala Dinas OPD se-DIY, OPD Pemerintah se-DIY, pelajar DIY yang mewakili, dan dimeriahkan drumband Gita Abdi Praja IPDN. (rk)

 

Bagaimana kualitas berita ini: