17 Agt 2024

Semarak Displai Seni Budaya Awali Upacara Penurunan Bendera

Yogyakarta (17/08/2024) jogjaprov.go.id - Kegiatan displai seni dan budaya kembali memeriahkan rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 RI, Sabtu (17/08) di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta. Pertunjukan tahun ini diawali dengan parade Jogja Fashion Carnival yang sebelumnya telah tampil pada Pawai Kemerdekaan di sepanjang Malioboro.

Parade mode ini menampilkan 20 kelompok, di antaranya Rawikara Fashion Carnival, Rossynesia Carnival, Bahuwarna Carnival, Mbarang Wirang, dan Seven a Plus. Peserta parade tampil memukau dengan busana bertema perjuangan maupun kekayaan Indonesia dengan warna-warni perayaan kemerdekaan.

Penampilan selanjutnya, Drum Band Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang mengangkat tema ‘Sang Saka’. Tema ini diangkat untuk mengingatkan tingginya kehormatan bendera merah putih sebagai sang saka yang selalu dikibarkan pada 17 Agustus. Terdiri dari 75 mahasiswa, Drum Band Universitas Atma Jaya Yogyakarta membawakan tiga lagu, yakni Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki, Melati Suci karya Guruh Soekarnoputra, dan Dari Mata Sang Garuda karya band Pee Wee Gaskins.

Persembahan kesenian dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menjadi penampil selanjutnya. Lebih dari 50 siswa SMP dan SMA di Kota Yogyakarta ini menampilkan tari kolosal kontemporer berjudul ‘Sang Saka’. Tarian ini menggambarkan rasa cinta kepada merah putih yang menjadi harga mati. Mellaui gerak tubuh, para siswa ini juga ingin menekankan pentingnya pembentukan karakter, toleransi, dan gotong royong.

Displai seni budaya ini ditutup dengan penampilan Drum Band Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU) yang memukau di setiap kesempatan. Barisan para taruna AAU ini mempersembahkan irama musik dan tarian yang penuh semangat. Para taruna ini juga membentuk formasi piramida dari susunan bass drum, kemudian salah satu mayoret prianya berdiri di puncak dan melakukan atraksi. Drum Band yang telah terkenal ini membawakan lagu Bengawan Solo karya Gesang, lagu daerah asal Jawa Barat Manuk Dadali yang bertema nasionalisme, Selamat Ulang Tahun dari Band Jamrud, dan Koyo Jogja Istimewa karya Ndarboy Genk.

Rangkaian penampilan ini sangat memukau dan mengundang decak kagum, serta mendapatkan tepuk tangan dari para undangan dan penonton di halaman Gedung Agung. Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, serta para pejabat Forkopimda DIY turut menyaksikan keseruan para penampil menunjukkan kebolehannya.

Usai penampilan seni dan budaya, Gubernur dan Wakil Gubernur DIY serta para tamu undangan berlanjut menghadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Peringatan HUT ke-79 RI Tahun 2024. Upacara dimulai tepat pukul 16.30 WIB di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta pada Kamis (17/08).

Pada upacara kali ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan. Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letnan Kolonel Inf Afrizal Rahman. Prosesi sakral penurunan Sang Saka Merah Putih ini berjalan dengan khidmat dan lancar. Dengan kesiapan yang prima, para Pasuka Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Display dan upacara pada sore hari ini dihadiri pula oleh para pejabat Forkopimda DIY, para Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY dan para tamu undangan. Sementara pasukan peserta upacara terdiri dari satuan kompi Korem 072/Pamungkas, AAU, Lanud Adisutjipto, Brimob Polda DIY, Sabara Polda DIY, PNS, Basarnas, Satpol PP, mahasiswa, serta siswa SMA dan SMP. (Rt/Yd/Sr/Ip/Ham)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: