11 Mei 2024
  Humas DIY Berita,

Serunya Lari Sambil Berbelanja Dalam SiBakul Jelajah Van Der Wijck

Sleman (11/05/2024) jogjaprov.go.id – Sebanyak 250 pelari ikut menyemarakkan gelaran SiBakul Jelajah Van Der Wijck yang digabung dengan perayaan hari ulang tahun ke-76 Kalurahan Banyurejo, Barongan, Tempel, Sleman pada Sabtu (11/05) pagi. Event sport tourism yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UKM DIY melalui dukungan Dana Keistimewaan (Danais) ini semakin seru karena memadukan olahraga lari dengan berbelanja produk UMKM setempat. 

Dalam kesempatan tersebut, Paniradya Pati Kaistimewan Aris Eko Nugroho bersama Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi secara langsung melepas para peserta untuk memulai fun run sejauh 7,6 km tersebut. Keduanya ikut serta bergabung dengan seluruh peserta berlari mengelilingi Desa Banyurejo hingga ke Buk Renteng Van Der Wijck.

Dengan langkah yang mantap dan semangat membara, para pelari menembus rute yang menantang sambil menikmati pemandangan alam yang memukau. Suasana penuh kegembiraan dan persaudaraan terasa di udara, menggambarkan semangat komunitas yang kuat di antara para pelari yang memiliki tujuan yang sama untuk menaklukkan tantangan dan merayakan kebersamaan melalui olahraga. 

Paniradya Pati Kaistimewan Aris Eko Nugroho menyebutkan, Desa Banyurejo terpilih sebagai lokasi sport tourism dalam gelaran SiBakul Jelajah Van Der Wijck karena merupakan salah satu Desa Budaya yang ada di DIY. Sebelum melakukan flag off, Aris pun mengajak seluruh peserta yang mengikuti event ini untuk lari bergembira bersama, menyusuri rute yang disiapkan sembari berwisata di Desa Banyurejo.

"Ayo kita lari bergembira bersama, dapatkan suasana hati ayem tenteram, dalam SiBakul Jelajah Van Der Wijck di Desa Banyurejo," ucap Aris.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengungkapkan, memasuki usia ke-76, Desa Banyurejo diharap dapat terus melangkah maju bersama segenap masyarakatnya. Hal tersebut digambarkan dalam ajang SiBakul Jelajah Van Der Wijck dimana para pelari terus berlari tanpa kenal menyerah mencapai tujuan akhir garis finish.

"Melangkah seperti para runner. Melangkahkan diri, melarikan diri, berlari menjelajah dan memberikan semangat untuk masyarakat dengan keceriaan. Saya mengucapkan selamat kepada Pak Lurah bersama jajarannya, kepada masyarakat Banyurejo atas ulang tahun yang ke-76,” tutur Siwi.

Event SiBakul Jelajah Van Der Wijck ini sendiri menjadi gelaran Road to Sibakul Jogja Sport Fest 2024 yang rencananya akan digelar pada September 2024 mendatang. Siwi pun turut mengundang bagi siapapun yang ingin ikut berpartisipasi agar dapat mendaftarkan diri dalam gelaran berlari, berwisata sekaligus berbelanja tersebut.

Usai fun run, kegiatan dilanjutkan dengan pentas seni dari 14 Padukuhan yang ada di Banyurejo salah satunya kesenian tradisional Jathilan. Selain itu, event ini menghadirkan jajanan dan produk UMKM di area festival Lapangan Banyurejo selama dua hari pada Sabtu (11/05) dan Minggu (12/05). Satu dari sekian makanan khas Desa Banyurejo adalah Bebek Bacem. Rasanya yang gurih dan manis dijamin bisa memanjakan lidah dan membuat ketagihan.(Han/Ip/Jon/Fn/Sd/Wa/Cbs/Mra/Yci/Ef)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: