11 Mei 2024

Sri Paduka Hadiri Syawalan Keluarga Besar GL Zoo

Yogyakarta (11/05/2024) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur (Wagub)DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X menghadiri Syawalan IdulFitri 2024 bersama dengan keluarga besar PT Buana Alam Tirta (BAT) selaku pengelola Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka atau GL Zoo di Aula Mayang Tirta, Sabtu (11/05). Acara halal bihalal tersebut merupakan wujud ajang silahturahmi antara karyawan dengan seluruh jajaran pimpinan hingga komisaris GL Zoo.

Dalam kesempatan ini, Sri Paduka bertindak sebagai Pembina Yayasan GL Zoo. Turut mendampingi Ketua Yayasan GL Zoo GBPH Yudhaningrat dan istri, GKR Maduretno dan suami, Direktur Utama GL Zoo KMT A Tirtodiprojo dan BPH Haryo Danardono serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Acara syawalan tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun pihak GL Zoo. Selain sebagai sarana anjangsana antara pimpinan dengan karyawan, kegiatan ini berfungsi menjaga tali silaturahmi antara karyawan yang telah pensiun ataupun karyawan yang sudah tidak lagi mengabdi di GL Zoo.

Acara diawali dengan tauziah dan doa bersama disusul pembacaan ikrar syawalan GBPH Yudhaningrat. Selanjutnya, diteruskan dengan acara inti yaitu berjabat tangan dan diakhiri dengan foto bersama. Secara keseluruhan, acara syawalan keluarga besar GL Zoo ini berlangsung dengan penuh kekeluargaan dan nuansa hangat.

GBPH Yudhaningrat mengawali jabat tangan bersilaturahmi dengan Sri Paduka dilanjutkan KMT A. Tirtodiprojo. Kemudian baru diikuti perwakilan karyawan Gembira Loka Zoo yakni sekitar 200 orang. Kegiatan kemudian ditutup dengan ramah tamah dan santap siang bersama.

Dirut GL Zoo KMT A Tirtodiprojo mengatakan melalui kegiatan tersebut, selain silaturahmi senantiasa terjalin dengan baik dan kinerja karyawan GL Zoo pun akan semakin meningkat di kemudian hari. Kegiatan ini hanya diikuti sekitar 60 persen karyawannya karena 40 persen karyawan lain harus bertugas mengingat GL Zoo tidak pernah libur sehingga telah disiapkan dengan sebaik-baiknya.

"Makna halal bihalal adalah saling mengakrabkan apalagi karyawan berkesempatan bertemu dengan para petinggi disini termasuk Sri Paduka. Tak hanya berjabat tangan langsung, mereka juga berkesempatan berfoto bersama dengan para petinggi sebagai kenangan-kenangan," ujar Tirto.

Tirto mengungkapkan banyak yang tak mengetahui Sri Paduka sebenarnya sangat menaruh perhatian terhadap GL Zoo dan pemerhati satwa, salah satunya beberapa kandang satwa. Sri Paduka ingin memberikan masukan agar pintu-pintu kadang diperkuat dan tahan karat contohnya untuk kadang Gajah dan Orangutan.

"Sri Paduka sendiri sebenarnya ingin berkeliling GL Zoo usai acara ini tetapi karena waktunya tidak ada jadi diagendakan di hari. Kami sangat senang mendapatkan arahan dari beliau supaya GL Zoo akan semakin lebih baik lagi kedepannya," katanya.

Pihak GL Zoo senantiasa melakukan penambahan koleksi satwa hampir setiap tahunnya. Tak terkecuali pada 2024 ini dengan tujuan menambah nilai edukasi dan daya tarik pengunjung ke GL Zoo. Adapun satwa baru yang bakal menghuni GL Zoo yaitu tiga Singa Afrika yang didatangkan langsung dari Afrika pada Juni 2024.

" Ada pula hibah untuk beberapa spesies kera yang hampir punah. Sebelumnya, kami sudah datangkan Hyena di Zona Cakar. Selain menambah koleksi satwa, GL Zoo menghadirkan kegiatan interaktif, seperti fun booth dan tantangan Zoo Scavenger Hunt untuk meningkatkan pengalaman para pengunjung," pungkasnya. (Fn/Wp/Sd)

-HUMAS PEMDA DIY -

Bagaimana kualitas berita ini: