19 Agt 2024
  Humas DIY Berita,

Sri Sultan Apresiasi Paskibraka DIY: Semangat Juang untuk Masa Depan Indonesia

Yogyakarta (19/08/2024) jogjaprov.go.id – Rangkaian agenda peringatan HUT Ke 79 Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ini ditutup dengan acara ramah paskibra yang berlangsung dengan penuh semangat dan kebersamaan. Seluruh anggota Paskibraka dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota berkumpul dan bertemu dengan Gubernur DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta. Acara ini bukan hanya sebagai ajang silaturahmi, tapi juga sebagai bentuk apresiasi dari Sri Sultan Hamengku Buwono X kepada para pelatih dan seluruh anggota Paskibraka yang telah berjuang keras dalam mensukseskan pengibaran dan penuruaBendera Merah Putih.

“Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi kalian. Kalian telah membuktikan bahwa semangat nasionalisme dan cinta tanah air masih membara di hati generasi muda Indonesia!” kata Sri Sultan dalam sambutannya. Beliau juga menekankan bahwa menjadi bagian dari Paskibraka bukan hanya tentang mengibarkan bendera, tetapi juga tentang menjawab panggilan jiwa sebagai simbol harapan bangsa.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Sultan mengajak seluruh anggota Paskibraka untuk terus menyalakan semangat juang mereka. "Kalian adalah kekuatan besar yang akan membawa Yogyakarta, bahkan Indonesia, menuju masa depan yang lebih gemilang. Dengan semangat dan kecerdasan kalian, saya yakin, kalian bisa membawa perubahan besar dan mengguncangkan dunia dengan karya dan prestasi!" seru beliau.

Tak hanya itu, Sri Sultan juga memberikan pesan khusus kepada para pemuda: berani bermimpi, berani mengambil tanggung jawab, dan berani menantang batasan diri. "Generasi muda adalah pilar masa depan bangsa. Jadikan pengalaman ini sebagai bekal untuk terus berkarya dan mengabdi kepada negeri tercinta,” tambahnya.

Moses Ardi Nugroho, siswa SMA N 2 Wates, berbagi pengalamannya selama mengikuti seleksi hingga menjadi bagian dari Paskibraka DIY. "Awalnya berat meninggalkan keluarga, tapi saya menemukan keluarga baru di asrama. Pengalaman ini mengajarkan saya tentang kebersamaan dan persaudaraan yang tak ternilai," ujar Moses dengan penuh rasa syukur. Ia juga merasa bangga bisa bertemu langsung dengan Gubernur DIY di acara ramah tamah tersebut.

Rizkia Alifah Syabilla, siswi SMA N 8 Yogyakarta, juga berbagi cerita tentang perasaannya yang semula cemas karena harus jauh dari orang tua. "Tapi, teman-teman di asrama menjadi keluarga baru yang membuat rasa rindu itu sedikit terobati. Alhamdulillah, semua tugas bisa diselesaikan dengan lancar," katanya sambil tersenyum.

Sebagai bentuk apresiasi, Sri Sultan bersama perwakilan dari Bank Indonesia dan OJK menyerahkan buku tabungan kepada seluruh anggota Paskibraka DIY dalam rangka Hari Indonesia Menabung 2024. Dengan tema "Generasi Cerdas Keuangan," langkah ini diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan pelajar. Total hadiah senilai Rp83.250.000 diberikan kepada 333 anggota Paskibraka DIY sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi mereka.

Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan dari Paskibraka, termasuk Tari Angguk dari Kulon Progo dan yel-yel semangat dari seluruh perwakilan Kabupaten/Kota. Semangat kebersamaan dan nasionalisme terasa sangat kental, menunjukkan bahwa generasi muda Yogyakarta siap mengukir prestasi dan menjaga semangat kebangsaan. (Ft/Rd/Ind)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: