04 Agt 2024

Sri Sultan Ikut Bernostalgia di Konser Tantowi Yahya

Sleman (03/08/2024) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menghadiri Konser 25 Tahun Perjalanan Musikal Tantowi Yahya pada Sabtu (03/08) malam. Bertempat di Ballroom Hotel The Rich Yogyakarta, Sri Sultan tampak menikmati alunan lagu nostalgia yang silih berganti hingga akhir acara.
Mengenakan busana batik berwarna dasar merah marun, pada konser ini Sri Sultan duduk satu meja dengan Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar beserta istri sebagai tamu kehormatan. Konser ini dibuka dengan penampilan paduan suara Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Tarian Jogja Istimewa.


Menaiki panggung, Tantowi langsung membawakan medley lagu-lagu dari penyanyi tahun '70-an seperti Olivia Newton-John, Don Williams, dan band beraliran rock The Doobie Brothers. Setelahnya, penyanyi country sekaligus politikus ini menyapa para tamu undangan dan masyarakat Jogja yang hadir.
"Selamat malam Ngarsa Dalem, terima kasih sudah mau datang memenuhi undangan kami. Saya sengaja mengundang beliau secara langsung, datang ke kantor beliau. Alhamdulillah beliau berkenan hadir. Kalau kita mengundang langsung pasti sulit menolak, benar ternyata," guraunya.
Selain Sri Sultan, tampak hadir pula jajaran Forkopimda DIY seperti Kapolda DIY, Suwondo Nainggolan; Kajati DIY, Ahelya Abustam; dan Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita. Bersama para penonton lainnya, Tantowi Yahya mengajak seluruh penonton yang hadir malam itu bernostalgia mengenang tiga era yakni tahun '60, '70, dan '80-an.
Usai menyanyikan lagu Green Green Grass of Home, Anggota DPR RI periode 2009-2017 ini membawakan medley lagu-lagu dari penyanyi serta band Indonesia yang berasal dari Yogyakarta dan bercerita tentang Yogyakarta. Beberapa di antaranya ialah Puisi dari Jikustik, Dan dari Sheila on 7, Yogyakarta dari KLA Project, serta Aku Ingin Pulang dari Ebit G. Ade.


"Lagu-lagu ini saya dedikasikan untuk Sri Sultan dan masyarakat Yogyakarta. Yogyakarta jadi salah satu dari tiga kota yang pernah saya tinggali dalam hidup saya. Yogyakarta jadi kota yang saya cintai dan mencintai saya," imbuh Tantowi.
Lagu-lagu ternama dari penyanyi dan band tahun '60-an, seperti Neil Diamond, Lobo, Middle of The Road, Bee Gees, dan The Beatles, juga tak luput dinyanyikan mantan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru ini. Ia pun menyanyikan medley lagu-lagu Engelbert Humperdinck, seperti A Man Without Love, Quando Quando Quando, dan Please Release Me.
Seperti yang diutarakan Tantowi saat berkunjung ke Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta sebelumnya, Sri Sultan sempat menyinggung beberapa lagu yang dinyanyikan penyanyi asal Inggris ini. "Lagu-lagu Engelbert Humperdinck juga sempat disebut oleh Ngarsa Dalem tadi saat kami berbincang. Sepertinya beliau suka dengan lagu-lagu Engelbert Humperdinck dan Tom Jones,” ungkap Tantowi kala itu.


Konser ini berlangsung sekitar 2,5jam. Tantowi pun menutupnya dengan melantunkan lagu country berjudul Take Me Home, Country Roads. Merasa masih kurang, para penonton pun memintanya kembali menyanyikan beberapa lagu. Dan Tantowi pun menyanyikan medley lagu-lagu milik grup musik ABBA, seperti Fernando, Honey Honey, dan Dancing Queen. (Rt/Ts/Cb)
HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: