14 Mei 2024

Volcano Run Sukses Genjot Sport Tourism di DIY

Sleman (13/05/2024) jogjaprov.go.id -
Sekitar 2.500 peserta dari dalam dan luar DIY ikuti berpartisipasi dalam Nusantara TV Volcano Run by Ambarrukmo 2024 di Museum Gunungapi Merapi (MGM) Sleman pada Minggu (12/05) lalu. Ajang lari tahunan yang menggabungkan petualangan dan keindahan alam ini pun sukses mendukung dan menggenjot sport tourism di DIY.

Ajang ini merupakan bentuk peran serta dari pihak swasta dalam ikut menggerakkan perekonomian daerah khususnya DIY di bidang pariwisata melalui kegiatan olahraga. Adapun tujuan event ini tak lain mempromosikan gaya hidup sehat dan meningkatkan pariwisata regional.

Kepala Seksi Olahraga Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY, Danang Yuniarto mewakili Sekda DIY menyampaikan dukungan dan apresiasi dari Pemda DIY melalui Disdikpora DIY atas kegiatan ini. Olahraga sambil berwisata inilah yang kemudian melahirkan istilah, sport tourism, sebagai salah satu tren pariwisata yang populer di DIY saat ini.

"Pemda DIY menyambut baik sekaligus mengapresiasi apa yang sudah digelar dan menjadikan agenda ini sebagai kalender tahunan. Dengan adanya kegiatan seperti ini, terus terang meningkatkan kunjungan wisatawan ke DIY. Artinya, sport tourism berjalan dan akan membawa peningkatan pada sport industry di DIY," tuturnya.

Danang menyampaikan sport tourism seperti ini bisa dilihat dengan naiknya tingkat hunian hotel maupun penginapan di sekitar lokasi perlombaan. Dengan peningkatan okupansi hotel di kawasan Kaliurang ini, maka secara langsung ajang ini ikut meningkatkan angka perekonomian masyarakat sekitar.

"Adanya kegiatan ini jelas berdampak pada perekonomian masyarakat di DIY, khususnya di kawasan Kaliurang meningkat. Ini terdorong dengan okupansi hotel dan penginapam, artinya kegiatan seperti ini jelas berdampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat," tandasnya.

Selain berdampak positif terhadap perekonomian, Danang menyebut Nusantara TV Volcano Run by Ambarrukmo 2024 juga ikut mendorong masyarakat di DIY bergaya hidup sehat melalui rute yang menarik dan
beragam, peserta tidak hanya merasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan tetapi juga mengapresiasi keindahan alam Gunung Merapi

Para peserta selain diuji melewati berbagai tantangan rute yang menanjak, khas pegunungan, juga diajak berinteraksi dengan elemen budaya lokal. Hal ini memperkaya pengalaman peserta dan mendekatkan diri dengan kearifan lokal.

Race Director Nusantara TV Volcano Run by Ambarrukmo, Robertus Indra menjelaskan nilai lebih dari ajang ini adalah para peserta akan berlari dengan disuguhi pemandangan indah Gunung Merapi dan daerah pedesaan di lerengnya. Rute favorit adalah melewati jembatan gantung di lereng merapi, dan itu semua peserta melewati rute.

Event ini menampilkan beragam kegiatan menarik, seperti pameran
produk lokal, pertunjukan budaya, dan penampilan seni yang menghibur. Semua peserta dan pengunjung acara dipastikan merasa puas dengan pengalaman yang tak terlupakan di tengah keindahan alam DIY.

"Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari event sport tourism ini. Acara ini bukan hanya tentang berlari, tetapi juga tentang mengapresiasi keindahan alam Indonesia dan mendorong gaya hidup sehat," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, masyarakat Hargobinangun turut memberikan kontribusi berupa pertunjukkan seni di area MGM, kawasan rute lari, serta hadirnya UMKM yang turut menyemarakkan perhelatan
olahraga lari tersebut. Melalui acara ini, diharapkan akan terus menginspirasi
masyarakat untuk hidup sehat, mendukung pariwisata lokal dan mempererat persatuan bangsa. (Fn/Sd)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: