26 Jun 2024
  Humas DIY Berita,

Wagub DIY Dorong Percontohan Pengelolaan Sampah Non Medis Di RS Bethesda

Yogyakarta (26/06/2024) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku ALam X menerima audiensi Direktur Rumah Sakit (RS) Bethesda Yogyakarta yang baru, dr. Edy Wibowo, Sp.M (K), MPH. pada Rabu (26/06). Kunjungan Direktur RS Bethesda beserta jajaran direksi lainnya diterima Sri Paduka di Gedhong Pareanom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Maksud dan tujuan kedatangan Direksi RS Bethesda adalah silaturahmi dan perkenalan. Dalam pertemuan tersebut, Sri Paduka menyambut baik maksud kedatangan Direktur RS Bethesda beserta jajarannya tersebut.

Ditemui usai kunjungan ini, Edy Wibowo mengatakan “Kedatangan kami, dari jajaran direksi baru Rumah Sakit Bethesda untuk silaturahmi pada Kanjeng Gusti. Dalam pertemuan ini, kami juga memohon arahan dan masukan kepada Kanjeng Gusti, apa yang dapat dikerjasamakan yang bisa kita kolaborasikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jogja dan sekitarnya,” jelasnya.

Menurut Edy, ada tiga arahan dari Kanjeng Gusti yang diberikan untuk  RS Bethesda. “Dari Kanjeng Gusti ada beberapa arahan, yang pertama kita diminta ada modernisasi yaitu modernisasi fasilitas layanan dan sistem manajerial, membantu peningkatan edukasi literasi kesehatan kepada masyarakat dan kami didorong untuk hal pengelolaan sampah non medis secara mandiri sebagai percontohan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Edy menyampaikan, pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan tersebut. Terkait dengan pengelolaan sampah di RS Bethesda Edy menjelaskan, pihak RS Bethesda sudah melakukan pengelolaan sampah baik sampah medis maupun sampah non medis. “Karena tentu kalau di Rumah Sakit ada prosedur khusus untuk pengelolaan sampah dan pemilahannya yang selama ini sudah kami jalankan,” ucapnya.

Adapun terkait edukasi literasi kesehatan, Edy menjelaskan, hal tersebut sudah dilaksanakan diantaranya dengan layanan Hospital Without Wall, penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan kesehatan dan edukasi dengan menggunakan media sosial.

Selain itu, menanggapi ajakan Sri Paduka  untuk bekerjasama dan berkolaborasi dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat terutama pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu. Edy menjelaskan, bahwa RS Betheda siap untuk bekerjasama dan berkolaborasi, khususnya memberikan pelayan pemeriksaan kesehatan atau bakti sosial kepada buruh gendong di Malioboro. “Masukan untuk kolaborasi bakti sosial untuk buruh gendong untuk pemeriksaan reproduksi, kebetulan kami juga memiliki dokter obgyn (Spesialis Obstetri dan Ginekologi) sehingga nanti kami akan berkolaborasi untuk melakukan hal tersebut,” terangnya.

Turut hadir mendampingi dr. Edy Wibowo, Wakil Direktur Pelayanan & Penunjang Medis drg. Nicholas Adi Perdana Susanto, M.Sc., MPH., Wakil Direktur Keuangan, SDM & Umum, Th. Girindra Surya, S.E.,  Wakil Direktur Pendidikan, Riset & Pengembangan Pendidikan Ns. Wahyu Widiyanto, S.Kep., Fis.Qua.,(Ft/Dvd)

HUMAS PEMDA DIY

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: