11 Sep 2024

Wakil DIY Siap Berlaga Pada Lomba Perpustakaan Sekolah dan Lomba Bertutur Tingkat Nasional

Yogyakarta (11/9/2024) jogjaprov.go.id - Dalam rangka memperingati Hari Literasi Nasional Tahun 2024, Daerah Istimewa Yogyakarta turut berpartisipasi dengan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMA/SMK/MA dan Lomba Bertutur Tingkat Sekolah Dasar (SD) yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 17-21 September 2024 mendatang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, Kurniawan S.Sos.,SE.Akt, MEc.Dev, bersama para peserta lomba dan pendampingnya, menemui Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X untuk melakukan audiensi menjelang pelaksanaan lomba tersebut, pada Rabu (11/9) di Gedhong Pareanom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur DIY memberikan arahan kepada para wakil DIY agar dapat mengikuti lomba dengan senang, semangat dan memberikan perform yang terbaik. Dan tak lupa untuk menjaga kesehatan selama persiapan lomba. Selain itu, beliau berpesan kepada pelatih agar tidak memaksakan untuk menjadi juara, namun memberikan support supaya teman-teman perwakilan DIY dapat tampil semaksimal mungkin memberikan yang terbaik.

Usai audiensi, Kepala DPAD DIY menyampaikan maksud kedatangannya pada hari ini yaitu untuk pamitan, mohon doa restu, dukungan dan arahan dari Wakil Gubernur DIY. Ada beberapa hal yang disampaikan kepada Sri Paduka, diantaranya wakil DIY yang akan berlomba adalah Perpustakaan MAN 3 Bantul untuk lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional dan Altaf Jaddan Adzaro siswa berprestasi SD Muhammadiyah Sapen 2 yang akan maju mengikuti Lomba Bertutur Tingkat SD.

Altaf Jaddan mengungkapkan bahwa memulai hobi membacanya itu dimulai sedari ia kecil, dimulai dari membaca majalah-majalah dan buku cerita anak. “Perasaannya senang sih bisa jadi perwakilan sekolah, apalagi sampai ke tingkat nasional, InsyaAllah siap memberikan yang terbaik, minta doa restunya.” ungkapnya.

Sementara itu, Munirul Amin S.Sos, M.Si selaku kepala sekolah SD Muhammadiyah Sapen 2 menuturkan, bahwa awalnya Jaddan mengikuti lomba internal di sekolah pada perhelatan akbar Sapen Pekan Literasi, Jaddan berhasil menjadi juaranya, lalu Jaddan terpilih menjadi perwakilan dari SD Muhammadiyah Sapen 2 untuk mengikuti salah satu kompetisi bertutur dari Tingkat Kota menuju Provinsi dan kembali meraih juara, akhirnya ia berkesempatan mewakili DIY menuju Tingkat Nasional. Upaya yang dilakukan oleh pelatih untuk persiapan lomba adalah memberikan pendampingan dari Pusda, Komunitas Bertutur, Sekolah dan orang tua yang saling berkolaborasi. “Insya Allah nanti bisa mengembangkan potensi dan membawa nama baik DIY,” ungkapnya.

Ucapan syukur juga diungkapkan oleh Kholif Diniawati, Kepala Perpustakaan MAN 3 Bantul. Ia menyampaikan bahwa persiapan yang cukup matang sudah dilakukan menuju lomba ke tingkat nasional, karena merupakan kali pertama MAN 3 Bantul berkesempatan mewakili Provinsi DIY mengikuti lomba perpustakaan ke tingkat nasional. (Nat/Ft/Sr)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: