15 Sep 2024
  Humas DIY Berita,

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DIY Canangkan Gerakan DIY Melawan Osteoporosis

Yogyakarta (15/09/2024) – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DIY, GKBRAA Paku Alam bersama Ketua Perwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) dan Ketua DPD Perwatusi DIY melakukan penekanan tombol sirine sebagai tanda dimulainya pencanangan Gerakan Daerah Istimewa Yogyakarta Melawan Osteoporosis (GDMO).

Puncak acara rangkaian GDMO di Yogyakarta, dilaksanakan dengan menggelar Gebyar Senam Osteoporosis yang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat. Senam dilaksanakan di Alun-Alun Kidul Keraton Yogyakarta, pada minggu (15/09).

Kesehatan adalah aset yang sangat berharga. Hal ini disampaikan oleh Gusti Putri dalam sambutannya. Ia menyampaikan, Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah penyakit yang seringkali dianggap sepele. Kenyataan, bahwa osteoporosis memiliki dampak yang sangat serius, terutama pada masyarakat yang semakin menua.

Gusti Putri menjelaskan, Gerakan melawan osteoporosis tidak hanya untuk yang tua saja tetapi juga melibatkan generasi muda. Gerakan ini, bukan hanya tentang upaya fisik tapi juga membantu kesadaran bersama. Beliau mengajak seluruh masyarakat DIY untuk bergerak bersama, saling mendukung dan membangun kebiasaan hidup sehat guna menncegah osteoporosis.

“Gerakan ini, bukan hanya tentang upaya fisik tapi juga membantu kesadaran bersama. Mari, kita jadikan gerakan ini sebagai awal untuk mewujudkan masyarakat DIY menjadi lebih sehat, lebih kuat, lebih tangguh, lebih cantik,” tutur Gusti Putri. Dengan sinergi dan Kerjasama dari semua pihak, beliau yakin kita mampu mengatasi tantangan ini. Menjadi harapan bersama, Gerakan Daerah Istimewa Yogyakarta Melawan Osteoporosis dapat membawa manfaat yang besar bagi semua warga DIY.

Saat ditemui usai senam bersama, Gusti Putri mengaku, bahwasannya beliau merasa sangat senang sekali setelah mengikuti senam osteoporosis bersama Perwatusi. Beliau mengatakan, gerakan senam osteoporosis sangat luar biasa, sangat cocok bagi wanita dewasa, cukup umur ataupun lansia.

Pada kesempatan yang sama, Gusti Putri mengajak kepada semua warga DIY untuk bersama-sama melakukan senam osteoporosis yang dipopulerkan oleh Perhimpunan Osteoporosis Indonesia. Menjadi keinginan beliau bahwa senam osteoporosis tersebit dan menyebar, menyeluruh ke seluruh warga DIY baik Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kalurahan, RT/RW dan seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya pada wanita dewasa tapi juga anak-anak, di sekolah-sekolah.

“Semoga dengan adanya pencanangan Gerakan Daerah Istimewa Yogyakarta Melawan Osteoporosis, DIY bisa menjadi lebih sehat lagi, senamnya bisa menyebar di seluruh wilayah DIY supaya kita bisa lebih sehat,” tutur Gusti Putri menutup wawancara.

Sementara itu Ketua Umum Perwatusi Pusat, Anita A. Hutagalung menyampaikan, Gebyar Senam Osteoporosis pada hari ini merupakan kolaborasi antara Perwatusi dengan Pemerintah Daerah DIY (Pemda DIY) untuk masyarakat Yogyakarta. Dimana Perwatusi dan Pemda DIY bersama sehatkan Indonesia, menuju Indonesia bertulang kuat berbadan sehat.

Dirinya mengungkapkan, dalam rangka mencanangkan GDMO di DIY, pada 13-14 September, Perwatusi melatih sebanyak 76 instruktur senam sebagai kepanjangan tangan Perwatusi, untuk menyebarluaskan senam osteoporosis keseluruh lapisan masyarakat di wilayah DIY.

“Perwatusi mendampingi masyarakat untuk memperhatikan kesehatan tulang mereka, agar tulang, badan serta jiwa yang sehat dapat mereka miliki. Dan instruktur adalah kepanjangantangan Perwatusi, sehingga lebih memudahkan untuk membentuk komunitas-komunitas yang peduli dengan kesehatan tulang,” ungkapnya.

Anita menjelaskan bahwa wanita dewasa cukup umur ataupun lansia, riskan terkena penyakit osteoporosis. Hal ini terjadi akibat penurunan fungsi tulang dan sendi. Untuk menjaga kepadatan tulang dan sendi, maka diperlukan olah raga yang teratur dan rutin, serta asupan nutrisi yang cukup. Senam osteoporosis adalah olahraga senam dengan fokus Latihan keseimbangan, kelenturan, sampai kekuatan otot tubuh. Senam tersebut sangat cocok dilakukan oleh lansia penderita osteoporosis.

Ada banyak manfaat dari senam osteoporosis yaitu, mencegah pengeroposan tulang, menjaga keseimbangan tubuh, merangsang pengeluaran hormon endorphin yang membuat suasana hati menjadi senang bisa membantu mengurangi depresi. Selain itu, senam osteoporosis terbukti dapat melatih otot jantung, menurunkan kadar lemak jahat, serta kolesterol tinggi, dan menjaga kebugaran. 

Gebyar Senam Osteoporosis dalam rangka Pencanangan Gerakan Daerah Melawan Osteoporosis dihadiri oleh perwakilan Perwatusi Pusat, Perwatusi DIY, Perwakilan Dinas Kesehatan DIY, Perwakilan Dinas Pendidikan, Pemudan dan Olahraga DIY. (Ft/Tfk)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: