07 Agt 2024

Wapres RI Ma’ruf Amin Apresiasi Kasongan Sebagai Kampung Industri Gerabah

Yogyakarta (07/08/2024) jogjaprov.go.id - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengapresiasi kerja keras dan inovasi berbagai produk para perajin gerabah Kasongan yang telah berhasil menembus pasar internasional. Wapres pun memberikan dukungannya terhadap keberlanjutan dan pengembangan industri gerabah Kasongan, terutama oleh generasi muda Kasongan.

Apresiasi dan dukungan tersebut disampaikan Wapres Ma’ruf Amin usai meninjau berbagai produk gerabah di MuseumKu Gerabah Timbul Raharjo Kasongan, Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul pada Rabu (07/08) pagi. Didampingi Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, dalam kunjungan ini, Wapres terkesan dan kagum dengan beragam produk gerabah yang dihasilkan oleh masyarakat Kasongan, mulai dari gerabah tradisional hingga yang menyerupai keramik modern.

“Sekarang produksinya sudah menjadi berbagai bentuk gerabah, dari yang masih bentuknya gerabah sampai ada yang jadi semacam keramik. Dan ternyata ini hasilnya sudah diekspor ke Eropa, ke Amerika. Ini luar biasa. Tentu kagum saya, bisa menghasilkan banyak produk gerabah dan merambah ke aluminium seperti yang dihasilkan Pak Timbul,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin pun menggarisbawahi pentingnya mempertahankan Kasongan sebagai kampung perajin gerabah, sekaligus menekankan agar inovasi dapat terus dikembangkan. Hal ini agar perajin gerabah Kasongan mampu menghadapi tantangan dan tuntutan minat pasar global.

“Kerajinan gerabah ini dibuat bukan oleh satu dua orang. Ternyata jadi kerajinan seluruh kampung di Kasongan ini. Ini hampir jarang kan? Biasanya ada satu keluarga, dua keluarga, Tapi ini kampung. Saya kira oleh karena itu ke depan, supaya dijaga terus kampung ini menjadi kampung gerabah itu. Ini harus dipertahankan. Harus ada inovasi-inovasi juga, produk-produk yang mungkin banyak seniman yang bisa menginspirasi,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut, Wapres turut mengingatkan pemerintah daerah dan nasional untuk memberikan perhatian dan dukungan lebih terhadap pengembangan industri gerabah Kasongan. Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan inovasi yang berkelanjutan, diharapkan gerabah Kasongan dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengembangkan kerajinan serupa.

“Pemerintah kabupaten, pemerintah Jogja, dan pemerintah nasional harus memperhatikan ini supaya terus berkelanjutan dan berinovasi. Saya sangat tertarik dan saya harap terus dikembangkan, terutama putra-putri Kasongan,” ujar Wapres.

Pada kunjungan kali ini, Wapres Ma’ruf Amin turut didampingi oleh Ani Faiqoh selaku pemilik MuseumKu Gerabah Timbul Raharjo. Saat peninjauan produk gerabah, Ani Saikoh menerangkan kepada Wapres bahwa gerabah Kasongan telah dikenal luas karena teknik tempel yang sederhana, namun menghasilkan produk yang estetis dan bernilai tinggi.

“Setiap rumah di Kasongan adalah perajin. Tidak ada pengangguran karena semua sibuk membuat karya dari tanah liat lokal,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografi (MPIG) Gerabah Kasongan Heru Siswanto menambahkan, produksi gerabah Kasongan setiap bulannya mengekspor lebih dari 50 kontainer ke berbagai negara. “Setiap bulan, Kasongan mengekspor lebih dari 50 kontainer kerajinan gerabah ke berbagai negara, menjadikan nilai ekspor tertinggi di Bantul,” ungkapnya. (Han/Ft)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: